Kamis, 30 Agustus 2012

Negara Indonesia terletak antara 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT, antara Lautan Pasifik dan Lautan Hindia, antara benua asia dan benua Australia dan berada pada zona cincin api yaitu patahan yang rawan gempa. wilayah indonesia juga dilalui oleh garis katulistiwa.
Sehingga membuat indonesia berada pada iklim Tropis yang banyak di tumbuhi oleh tumbuh – tumbuhan dan di sukai oleh para binatang dan juga arus laut indonesia yang hangat membuat indonesia memiliki ikan yang sangat banyak.


Letak astronomi mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu sekitar 3 jam (yang lebih tepatnya 46 x 4 menit = 184 menit) antara bagian paling timur dengan bagian paling barat Indonesia.
Sejak tanggal 1 Januari 1988 di Indonesia diberlakukan pembahagian daerah waktu yang baru, menggantikan pembahagian waktu lama yang berlaku sejak 1 Januari 1964. Dengan berlakunya pembahagian daerah waktu baru ini, terjadi pergeseran waktu di beberapa tempat.
  • Daerah Waktu Indonesia Barat (WIB). Waktu Indonesia Bahagian Barat berdasarkan meridian pangkal 105º BT, meliputi keseluruhan Provinsi di pulau Sumatera, seluruh Provinsi di pulau Jawa, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah (mempunyai selisih waktu 7 jam lebih awal daripada waktu Greenwich).
  • Daerah Waktu Indonesia Tengah (WITA). Berdasarkan meridian pangkal 120º BT, meliputi Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusaa Tenggara Timur (NTT), dan seluruh Provinsi di Sulawesi (mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal daripada Greenwich).
  • Daerah Waktu Indonesia Timur (WIT). Waktu Indonesia Bahagian Timur berdasarkan meridian pangkal 135º BT, meliputi seluruh provinsi di Irian Jaya (Papua), Maluku, dan Maluku Utara (mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal daripada waktu Greenwich).


SOAL :

1. Koordinat Indonesia adalah.............................
2. Mengapa Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah waktu?
3. Sebutkan Provinsi-provindi yg ada di Wilayah Indonesia Barat!
4. Sebutkan Provinsi-provindi yg ada di Wilayah Indonesia Timur!
5. Apa dampak dari letak geografis Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar